Rabu, 22 Oktober 2014

        SEJARAH MUSIK ASIA


A.SEJARAH PERKEMBANGAN MUSIK ARAB

   Musik arab berkembang sejak abad ke-3 masehi.Musik arab merupakan hasil akulturasi (pelebaran) dari musik-musik tradisional yang berkembang di kawasan Persia,Semenanjung Arab,Kerajaan Byzatium,serta sekitar laut tengah (mulai dari Yordania hingga Afrika Utara)
        Musik Arab erat hubungannya dengan agama islam.Secara geografis perkembangan musik Arab berkembang baik di negara-negara Libya,Mesir,palestina,Lebanon,syria,Irak,dan Persia (Iran).
       Pada saat ini,musik Arab mulai dikenal dan digemari di Indonesia,misalnya lagu yang dimainkan oleh grup-grup musik nasyid.Musik Arab pada dasarnya berakhir pada tradisi,Musik yang sangat tua.Musik Arab ditentukan oleh kemampuan sturktur dan pengubahan alat-alat musik.



1.CIRI KHAS MUSIK ARAB


        Sifat Musik Arab adalah monofonik, artinya tidak berdasarkan susunan kontrapun atau harmoni seperti Musik Barat. Sedangkan tangga nada yang dipakai adalah yang disebut maqam (jamak: maqamat), yaitu susunan nada-nada yang tidak ditala sempuna (well tempered) seperti halnya musik barat. Sifat dari monofonik ini terlihat pada musik qasidah yang berupa nyanyian tunggal iringan rabana, jadi melodi hanya dengan iringan pukulan irama.
Seperti diketahui juga, bahwa susunan maqam juga mengenal 1/4 nada yang tidak dipunyai tangga nada barat (hanya 1/2 nada). Contoh adzan memiliki liku-liku melodi yang rumit. Sehingga bisakah maqam ditulis dalam notasi barat? Jawabnya: tidak bisa.
Dengan demikian, Musik Arab tidak ada susunan harmoninya.
 Biasanya Melodi Arab dipresentasikan sebagai Tangga Nada Minor dalam sistem Tangga Nada Musik Barat, sehingga juga mengikuti kontrapun atau harmoni Musik Barat. Dan ini yang dipakai dalam Musik Arab Modern.
Oleh sebab itu dalam susunan orkes simfoni, maka permainan cello biasanya secara unisono, bukan kontrapuntis, sedangkan bass bermain secara nada dasar menurut teori musik barat. Dan uniknya, permainan gambus memberi warna saja dan bukan kontrapuntis

2.ALAT-ALAT MUSIK ARAB TRADISIONAL


A.GAMBUS

    Gambus adalah sebangsa gitar yang dipakai di Musik Arab, memiliki 6 jenis dawai rangkap, dawai yang dipakai adalah usus kambing atau nylon, biasanya setiap dawai rangkap sehingga ada 12 dawai semuanya, tidak ada fret (jadi seperti biola, papan polos, nada ditentukan dengan posisi jari seperti main biola), sedangkan plektrum disebuta dalam bahasa Arab sebagai risha (artinya bulu). Sekarang dawai dibuat dari nylon yang dibungkus kuningan atau tembaga) seperti dawai gitar.Gambus memiliki suara rendah yang unik. Gambus Arab berbeda dengan yang ada di TurkiArmenia, atau Yunani. Di Turki terdapat berbagai tala, dan berbeda dengan yang ada di Arab. Nama lute di Eropa adalah berasal dari Arab, yaitu al oud.

B.Qanun (Kecapi Arab)


     Qanum adalah alat musik dawai seperti kecapi atau zither yang berasal dari Harpa Mesir, dan dimainkan sejak Abad X, kemudian dibawa ke Eropa pada Abad XII. Arti Qanun sebenarnya adalah Hukum.
Bentuk Qanun adalah seperti trapesium dengan papan suara yang datar untuk 81 dawai, di mana dibagi 3 kelompok akord. Cara memainkan adalah dengan meletakkan diatas pangkuan atau meja, dibunyikan dengan petikan jari di mana terdapat 4 plektrum dipasang pada ujung 4 jari (bukan jempol) setiap tangan, dawai ditumpu oleh penunjang (brigde) pada kulit domba atau ikan yang menutupi sebagian qanun yang segi empat (jadi suara dibuat dengan resonansi kulit domba/ikan tersebut). Pemain juga akan membuat Maqam baru dengan tangannya, termasuk untuk modulasi.
Pemain maestro qanun adalah: Muhammad El 'Aqqad (Mesir), Abraham Salman(Iraq)
C.Nay (Serunai Arab)
      Nay (bahasa Parsi berarti reed atau yang dipakai untu Clarinet), atau kalau di Sumatera disebut Serunai. Alat ini memiliki 9 sambungan, dengan 6 lubang (seperti pada suling bambu) dan 1 lubang dibawah untuk jempol (seperti pada rekorder). Berbagai panjang untuk setiap tala nada. Cara meniup seperti suling, untuk nada tinggi dengan tiupan lebih. Meskipun kelihatan sangat sederhana, namun cukup sulit, terutama kalau mau mendapat suara khusus harus berpengalaman.Maetro nay adalah: Bassam Saba(Lebanon)

D.Rebana (Tamborin Arab)

Rebana yang dikenal di sini adalah berasal dari Arab, terutama dipakai untuk Qasidah, Musik Melayu, maupun Dangdutt, yang juga kita kenal dengan bamatambourine (di Arab disebut sagaat. Ukuran bervariasi, kalau dalam musik Dangdut disebut kendang dengan kulit lembu, dan suling dari bambu, namun di Arab biasanya memakai kulit domba (banyak di sana) atau kulit ikan. Ukurannya biasanya dengan diameter 20 cm dan tinggi 8 cm, diberi krincingan tembaga sebanyak 5 pasang.
Karena kulit domba atau ikan sangat sensitif terhadap kelembaban udara, maka sebelum main mereka sering memanaskan di atas api lebih dahulu. Oleh sebab itu mereka sering membawa cadangan. Sejak tahun 1980, sudah ada yang modern, dibuat dari aluminium atau palstik, kemudian kulitnya diganti dengan plastik juga (tentunya hal ini untuk menjaga kestabilan terhadap kelembaban udara). Malah ada rebana yang dapat ditala seperti halnya timpani.
Maestro rabana adalah: Mohamed El 'Arabi (Mesir), 'Adel Shams Eddine(Mesir) Hossam Ramzi (Mesir)

E.Buzuq (Mandolin Arab)

Kata buzuq berasal dari Turki, pada masa prajurit Ottoman, yang berarti kepala terbakar. Awalnya alat musik ini dibuat dari sepotong kayu tunggal yang dipotong dan digerus, namun sekarang sudah berupa beberapa lapis kayu untuk membentuknya, dan juga putaran dawai sudah dengan mekanik seperti gitar.
Alat musik ini mempunyai papan jari yang panjang dan dawai logam, dimainkan dengan petikan plektrum tanduk, sekarang dari palstik. Dawai logam memberi suara yang nyaring, baiasnya dimainkan secara tunggal dan tidak dalam kelompok pemusik Arab (band), dan biasa dijumpai di Suriah,Lebanon,Palestina,dan Yordania terutama dalam hubungan dengan Musik Gypsy.


B.SEJARAH PERKEMBANGAN MUSIK CHINA

   Menurut sejarah (mitologi china),penemu musik di Cina adalah Ling Lun.Ling lun membuat sebuah bambu untuk menirukan suara berbagai burung (700 SM)

1.Perkembangan musik Cina pada masa Dinasti (abad 5 SM - tahun 1991)

  1. Pada zaman dinasti Qin (221 - 207 SM).Dibawah pemerintah kaisar Han Wu Di (140 - 87 SM) musik dikembangkan untuk upacara-upacara dikerajaan dan sebagai pengiring kegiatan militer kerajaan.
  2. pada zaman Dinasti Han,setiap kaisar mempunyai besar pada pengembangan musik dawai dari perunggu dan pengembangan musik-musik rakyat Cina.
2.Perkembangan musik Cina pada masa Republik Cina (1912 - 1949)

    Pada era ini , arus musik barat sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan musik Cina.Musisi-musisi Cina banyak belajar musik klasik barat yang kemudian memperkenalkan sistem notasi musik barat dalam musik cina.

A.Sistem Nada musik Cina 

  Dalam teori musik cina kuno 1 oktaf dibagi menjadi 12 nada,namun didalam pengelaran musiknya menggunakan 5 nada yang disebut Pentatonik (penta = 5 , tonik = nada)

B.Instrumen Musik Cina 

1.Instrumen Musik Cina Kuno

  Instrumen musik cina kuno dibedakan berdasarkan material kontruksinya,yaitu : batu,tembikar,besi,labu-labuan,dan kulit binatang keras.
  Adapun instrumen-instrumen musik kuno,antara lain :
  1. Palxiao Organ mulut (Zheng)
  2. Sitar Panjang 
  3. flute (dizi)
  4. kecapi berlehar lusrus (sanxian)
2.Instrumen Musik Cina Modern

   Instrumen musik Cina modern adalah alat musik cina yang tercipta dari hasil akulturasi budaya cina dengan negara lain (Barat,India,dan negara-negara Asia Tengah).
Alat-alat muusik tersebut antara lain :
  1. Suona
  2. Bili
  3. Kecapi berleher bengkok (pipa)
  4. Yangqin
  5. dan berbagai jenis biola (Banhu,Gaohu,Jinghu)

C.SEJARAH PERKEMBANGAN MUSIK INDIA

    Musik India berkembang sekitar abad ke-3 SM.sejak kedatangan ras Arya ke India.Bangsa Arya yang bermigrasi ke India membawa pengaruh yang besar terhadap perkembangan musik di India. Musik bagi bangsa India memiliki arti tersendiri, yang pengaruhnya sangat besar terhadap magis, religius, kesusastraan, ilmu, dan seni lainnya.           
Permulaan dan inspirasi bagi musik India adalah memuja para dewa dan dewi. Menurut legenda, dewa Shiwa yang menciptakan suara, irama, dan tari-tarian yang lalu Ia turunkan lewat orang bijak dan diajarkan kepada manusia. Seorang guru yang bernama Narada adalah seorang musisi spiritual dan penyanyi yang menulis buku risalah tentang musik naradasiksa. Guru bernama Barata yang menulis Natyasastra yang berisikan tentang musik, tarian dan drama.

C. Sistem Nada Musik India

    Semenjak abad ke-19 India memiliki susunan tangga nada yang tetap. Dalam satu oktaf telah ditetapkan terbagi menjadi 22 syurti ( interval ) yang tidak sama. Deretan nada pokok pada musik India ada 2, yaitu sa-grama dan me-grama. Masing-masing dari deretan nada pokok tersebut memiliki tujuh nada yang dapat dinaikkan atau diturunkan dengan berbagai cara.

D. Alat Musik India


Ada beberapa macam alat musik India antara lain :

  1.  Esraj
  2.  Sitar India
  3.  Tabla
  4.  Tambura
  5.  Jalandhar Tumbi





  
  
   

1 komentar:

  1. Casino Site | Best Casinos Online With Jackpots | ChoGra
    Discover casino site reviews and bonuses from 카지노사이트 online casinos. Grab a $200 no deposit bonus, 메리트 카지노 and หารายได้เสริม start playing today!

    BalasHapus